Berbagi pengetahuan tentang blogging dan mencari uang di intertnet

Belajar Seo Untuk Blog

Haloo .. para jawara SEO.

Kasih step by step dong … kalo aku mau jika orang searching ” Belajar Seo Untuk Blog” di Google .. .site kita bisa rangkin no.1

langkah” untuk menguasai blog seo di Google.

Di antasa ratusan, bahkan ribuan, mesin pencari di internet, Google memang merupakan yg paling bawel. Banyak sekali tehnik” SEO (Search Engine Optimization) yg harus diterapkan untuk mendapatkan ranking yg baik di halaman hasil pencarian (SERP - Search Engine Return/Result Page). Berikut ini dasar”nya, dng mengambil contoh kasus seo blog hangat tentunya.

1. Judul halaman
Karena kata kunci yg ingin dipromosikan adalah “belajar seo untuk blog”, tentu saja judul halaman / judul situs harus mengadakan kata” tadi. Bobot elemen ini cukup besar dalam penentuan SERP di Google, jadi jangan sampai dilupakan.
Untuk memberi judul halaman, tambahkan tag <tittle> dalam blok <head> halaman.
Contoh: <code><title>Di Sini Wadah Belajar Seo Untuk Blog | Juga Bisnis Onlineg</title></code>Yang seringkali luput dari perhatian adalah bahwa bobot kata kunci yg ada di sebelah kiri itu LEBIH BESAR daripada yg ada di kanannya. Sehingga sebisa mungkin, letakkan kata “belajar seo untuk blog” di awal judul halaman.

2. Nama domain / nama file halaman / lokasi halaman / URL
Jika dagangan andalan kita itu pisang, gak mungkin kan kalo kita buka warung tahu? Makanya, nama domain ato nama file halaman yg bersangkutan atau lokasi halaman tersebut (sub-direktori), harus berkenaan dng “belajar seo untuk blog” yg kita jajakan.
Misal:

http://www.belajarseountukblog.blogspot.com
http://www.belajarseountukblog.com
http://www.belajar-seo-blog.com
http://www.belajar.com/seo-untuk-blog.html
http://www.belajar.com/seo/untuk-blog.html
http://www.belajar.com/seo/blog.html

3. Meta tags
Elemen ini mungkin dianggap paling tidak penting jika dibandingkan dng elemen” SEO yg lain. Penyebabnya adalah rumor yg menyatakan bahwa Google tidak lagi menghiraukan meta tags dalam penentuan SERP. Namun, sampai sekarang, Google tidak pernah secara detail menjabarkan bagaimana algoritma mesin pencari mereka, sehingga bisa jadi, meskipun kecil, Google tetap menganggap meta tags sebagai elemen yg penting dalam penentuan SERP. Jadi toh tidak ada salahnya kan menambahkan 2 baris kode pada halaman Anda?
Meta tags yg berhubungan dng SERP adalah meta Description dan meta Keyword. Seperti sudah bisa diduga dari namanya, meta Description berisi keterangan atau deskripsi dari halaman yg bersangkutan. Sedangkan meta Keyword menjabarkan kata-kata kunci apa saja yg terkait dng isi halaman tersebut.
Kedua meta tags ini harus diletakkan di dalam tag dan sebisa mungkin tepat di bawah tag
Berikut ini contohnya:

Yg perlu diperhatikan di meta tags - dan seringkali diabaikan oleh webmaster -, penulisannya harus dibuat se-natural mungkin, seperti layaknya bahasa manusia. Jadi jangan hanya sekedar menjejalinya dng kata-kata kunci. Selain itu, kita tidak perlu mengulang” kata-kata kunci terlalu sering, krn, alih-alih sukses di SERP, justru akan dianggap sbg spam dan memperbesar kans untuk di-banned.
Contoh yg tidak disarankan:

4. Isi halaman

* Header tags

Search engines love content that appears in header tags (h1, h2, etc.) yet very few Web sites actually use them.

Untuk pengaplikasiannya, gunakan tag H1 untuk judul halaman, dan setidaknya tag H2 untuk sub-judul. Manfaatkan CSS untuk mengatur style dari masing” header tags tersebut.
Contoh:



Belajar Seo Untuk Blog

Wadah belajar SEO, Blog, WordPress, BlogSpot!

* Tebal, miring, dan bergaris bawah
Ini tidak wajib dan tidak perlu dipaksakan. Tapi jika memungkinkan, berikanlah efek tebal, miring, dan bergaris bawah (sendiri”, bukan semuanya jadi satu) pada kata kunci yg diinginkan masing” satu kali.
Contoh:

Belajar Seo Untuk Blog adalah sejenis blog belajar seo untuk Blogspot dan Wordpress

* Quality and unique content is the king
Yang dimaksud di sini adalah content atau isi halaman yg unik dan bukan merupakan duplikat (copy-paste) dari situs / halaman lain. Sudah menjadi rahasia umum bahwa situs dng content yg unik bisa lebih cepat ter-indeks di Google dan search engine lainnya. Tentu saja jangan sampai lupa untuk menyisipkan kata kunci yg diinginkan setidaknya 1 kali per paragraph ato per 10 kalimat.

* Links
Links, terutama dari situs” yg berhubungan, akan memberikan dampak yg cukup berarti bagi SERP dan juga PageRank (akan dibahas di artikel yg lain). Karena itu usahakan untuk bertukar link dng situs” lain yg sejenis, tentang “belajar seo” ato “seo blog” misalnya. Inbound link, ato link ke halaman lain pada situs yg sama, ato link ke bagian lain pada halaman yg sama, juga terbukti cukup ampuh kok.
Yg perlu diperhatikan, jumlah link harus dibatasi setidaknya jangan sampai lebih dari 100 buah. Jika dilanggar, hukumannya adalah banned. Ouch.

* ALT
ALT atau tag untuk memberikan keterangan berupa tulisan pada gambar merupakan salah satu cara untuk menyisipkan kata kunci secara tersembunyi. Alternatif lain adalah pemberian TITLE pada link atau tag HREF.

5. Footer halaman
Terus terang aku belum pernah membuktikan sendiri mengenai ini, tapi gosip yg beredar mengatakan bahwa pemberian kata kunci di bagian akhir halaman akan memberikan SERP yg lebih baik. Cara yg paling mudah untuk ini adalah dng memberikan keterangan hak cipta di akhir halaman. Contoh: ©2005-2006 by belajarseountukblog.blogspot.com

Beberapa hal yg perlu diperhatikan:

1. Jangan terlalu banyak mengumbar kata kunci pada bagian content halaman Anda (Keyword Stuffing). Gunakan secara wajar” aja.
2. Hindari tehnik” black hat SEO (hidden text, fake PR, redirect, dsb).
3. Beralihlah ke XHTML dan tinggalkan desain dng menggunakan HTML tradisional.


Nah. mari kita lihat, dimana posisi tulisan ini nantinya di search engine untuk kata kunci “belajar seo untuk blog” tadi :)

sumber inspirasi: cosaaranda.com

Belajar Seo Untuk Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown