Berbagi pengetahuan tentang blogging dan mencari uang di intertnet

Tips memilih Sekolah yang tepat buat Anak

Tips memilih Sekolah yang tepat buat Anak

Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan nan vital buat perkembangan anak secara kognitif, social, mental, sikap dan kepribadian namun yang terpenting pada sisanya ialah, mempersiapakan masa depan si anak agar dapat sukses bertahan hidup ditengah masyarakat. Maka sekolah yang tepat dan nyaman harus dipersiapkan dengan teliti dan bijak. Solusi Bijak pada bagian ini memberikan Tips untuk memilih Sekolah yang tepat buat Anak.

Untuk mempersiapkan sekolah yang tepat buat anak, Solusi Bijak membatasi uraian artikel ini pada anak kita pada tahap TK hingga SMU dikarenakan untuk konsep pendidikan Universitas, Kampus dan College tentunya berbeda jauh. Secara sederhana yang kami berikan pada tips kali ini adalah pada tingkat pre-university.

1. Memilih lokasi sekolah yang aman dan memberikan suasana belajar.
- Akan sangat membantu bila sekolah yang kita pilih merupakan sekolah dengan lokasi yang tidak terlalu jauh, lingkungan asri dan dapat dijangkau dengan kendaraan jenis apapun, aman dengan memiliki security serta membangkitkan motivasi belajar buat si kecil.

2. Memilih Sekolah yang memiliki visi dan misi pendidikan.
- Sekolah yang bijak akan memiliki arah yang jelas bagaimana mereka akan mendidik dan mempersiapkan anak untuk menerima materi. Sekolah tidak bervisi / bermisi sangat membahayakan anak kita karena anak tidak dipersiapkan untuk mempersepsi lingkungan secara kognitif, social dan mental sehingga anak cenderung hilang identitas dan tidak mendapat apa-apa di sekolah.

3. Memilih Sekolah yang memiliki Guru yang berkarakter dan berempati.
- Guru memegang peranan penting sebagai penyampai informasi yang akan diterima oleh anak kita. Guru yang bijak bukan hanya memiliki skill mengajar yang baik tetapi berimbang dengan karakter dan sikap guru terhadap murid-muridnya serta bagaimana guru memiliki empati kepada anak yang mungkin sulit beradaptasi dan memiliki kesulitan belajar.

4. Memilih Sekolah dengan kemampuan finansial dalam jangkauan Orang Tua.
- Dalam beberapa hal terkait dengan isu komersialisasi nilai pendidikan di jaman modern sekarang, biaya sekolah secara langsung atau tidak langsung menjadi semakin memberatkan kondisi finansial orang tua. Akan tetapi hal ini justru harus disikapi dengan bijak bahwa nilai dari sekolah bukan tergantung dari berapa mahal dan berapa banyak fasilitas yang dimiliki, akan tetapi mana sekolah yang cocok sehingga anak kita dapat berkembang secara seimbang antara kognitif dan karakter ketika dia bersekolah.

5. Memilih Sekolah dengan bobot pendidikan berimbang.
- Setiap anak itu memiliki keunikan dalam hal intelegensia yang dapat dijabarkan dalam beberapa type seperti logika, bahasa, music, seni dan lain sebagainya. Sekolah yang bijak harus dapat meningkatkan sekaligus mengembangkan beberapa kelebihan anak secara berimbang karena secara konsep sekolah merupakan tahap awal si anak dalam hidup bermasyarakat di kemudian hari.

6. Memilih Sekolah dengan Kurikulum & Metode Pengajaran terstruktur.
- Sekolah yang berbeda tentunya memiliki kurikulum & metode pengajaran berbeda. Ada sekolah dengan kurikulum nasional DepDikNas (Departemen Pendidikan Nasional), ada pula yang menggabungkannya dengan nilai keagamaan. Ada sekolah yang siswanya duduk dalam kelas, ada pula yang memiliki kegiatan di alam bebas. Bila visi & misi merupakan konsep, maka kurikulum & metode merupakan penjabaran. Cari sekolah yang dapat menghubungkan kedua hal ini secara jelas dan tentunya si anak juga harus terlibat aktif dalam kegiatan formal, informal dan non-formal sekolah.

7. Memilih Sekolah dengan Kultur & Ketertiban yang baik.
- Sekolah yang bijak juga akan memberikan suasana ketertiban dan disiplin yang baik buat para murid. Bagaimana mereka mengajarkan cara menghadapi konfrontasi dan menyelesaikan masalah tentunya akan sangat berguna buat anak kita agar mereka juga dapat menyelesaikan masalah secara terhormat, menghargai guru dan rekan mereka disekolah dengan tak lupa memelihara toleransi.

8. Memilih Sekolah yang melibatkan peran serta Orang Tua.
- Sekolah yang bijak tidak lupa melibatkan peran serta Orang Tua dalam proses belajar mengajar karena pendidikan yang awal justru berlangsung dirumah dan bukannya di sekolah. Guru dan orang tua merupakan partner berimbang pada proses pembelajaran & pendidikan anak maka kerja sama keduanya merupakan hal vital dalam sekolah.

Demikian tips dari kami untuk rekan sekalian. Salam sukses selalu!

Tips memilih Sekolah yang tepat buat Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown